Perusahaan ritel Indonesia dipandang mampu untuk bersaing di
kancah global. Akan tetapi, melangkah ke negara lain harus ada strategi
jitu supaya bisa bersaing dengan perusahaan serupa. Monica Lucas, Director of Pragma Consulting dari Inggris, mengatakan, ada 10 kunci sukses bagi perusahaan ritel yang mau melanglang buana.
“Ada 10 kunci untuk sukses (dalam merambah pasar internasional). Ini
kunci yang penting untuk internasionalisasi,” terang Monica, dalam
seminar dengan tema “Retail Trends 2013: Learning to Apply Cutting Edge
Retail Trends,” di Jakarta, Senin (25/3/2013).
Kunci yang pertama adalah lokasi. Kedua, kata Monica, adalah memahami
apa yang diinginkan oleh konsumen atau pelanggan. Terkait dengan kunci
kedua, ia menegaskan bahwa sebagus apapun keahlian dan kemampuan
pengusaha menjalankan usaha ritelnya tapi kalau tidak disertai dengan
kemampuan memahami pelanggannya, maka sejumlah keunggulan yang dimiliki
akan sia-sia.
Kunci ketiga yakni mempunyai rangkaian produk yang tepat. Keempat,
perusahaan harus memilih saluran yang baik. Misalnya, Monica
menerangkan, outlet seperti apa yang akan dipilih. “Cross channel sangat penting,” imbuhnya.
Kunci kelima, lanjut dia, usaha ritel harus mempunyai manajer yang
luar biasa. Keenam, usaha ritel juga harus memiliki sebuah konsep yang
jelas. Karena, jikalau pengusaha bingung dalam menentukan seperti apa
konsep usahanya, maka konsumen juga akan turut bingung.
Mempunyai sistem yang bagus menjadi kunci ketujuh. Dan, kunci sukses
kedelapan adalah pemasaran yang efektif. Dijelaskan Monica bahwa
perusahaan harus mampu menciptakan merek dan membuat promosi yang baik
yang bisa menjaring banyak konsumen.
Kunci kesembilan adalah menetapkan harga yang kompetitif supaya bisa
bersaing dengan usaha ritel sejenis yang telah ada di suatu tempat.
Kunci terakhir, terang dia, perusahaan harus bisa mengisi celah pasar di
mana pelaku usaha lain tidak bisa melakukannya.
Selain 10 kunci sukses tersebut, Monica pun mengharapkan agar
perusahaan ritel bisa memahami dan mengadaptasi kultur lokal. Hal itu,
terang dia, juga berpengaruh penting bagi keberlangsungan usaha. “Untuk
memenangkan persaingan, kamu harus memastikan, bahwa kamu lebih baik
atau paling tidak sama dengan kompetitor di mata konsumen,” tegas dia.
(EVA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar